BREBES(TERASMEDIA.ID)– Dewan Asatidz Pesantren MBS Bumiayu memenuhi undangan Pembinaan Tahsin al-Qur’an untuk siswa kelas 4-6 MI Muhammadiyah Langkap Kecamatan Bumiayu, Brebes, Sabtu (04/11/2023 ).

Wakil Kepala SMP MBS Bumiayu, Ustadzah Yuli Mulyani, S.Pd mengatakan, untuk sementara baru menjajagi MOU Program Tahsin al-Qur’an dengan empat sekolah, yaitu MIM Langkap, MIM Talok, SDM Bumiayu dan SDIT al-Ambary Bumiayu.

“Hari ini, Sabtu, 4 November 2023, telah dilakukan pertemuan perdana untuk siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Langkap yang beralamat di jalan KH. Ahmad Dahlan No. 24 Dusun Gembol Desa Langkap RT 02/IV Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes yang dipandu langsung oleh Ustadzah Nihayatul Amniyah, S.Kom., kemudian dilanjutkan dengan pengenalan profil Pesantren MBS Bumiayu yang langsung dikomandani oleh Ustadz Bambang Wahyu Supriyanto, M.Pd,”papar Ustadzah Yuli Mulyani.

Kepala MIM Langkap Muhammad Taufik, S.Pd.I, sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pesantren MBS Bumiayu dalam rangka membumikan dan menggemakan pembelajaran al-Qur’an.

“Program pembinaan tahsin al-Qur’an yang dirintis oleh Pesantren MBS Bumiayu akan menambah eratnya ukhuwah islamiyah antar sesama AUM pendidikan sekaligus media pembangkit semangat belajar seluruh warga MIM Langkap, terutama para siswa kami yang sekarang kelas 4-6,”kata Muhammad Taufik.

Muhammad Taufik berharap, mereka akan menjadi siswa yang tangguh, unggul dan mumpuni dalam pembelajaran al-Qur’an, sehingga kelak akan lahir para kader bangsa dan persyarikatan dari MIM Langkap dalam penguasaan ilmu agama karena sudah didasari penguasaan ilmu al-Qur’an yang cukup memadai.
Mudir Pesantren MBS Bumiayu, Kiai Sutriyono, S.Ag menegaskan bahwa program Tahsin al-Qur’an yang digelar oleh pesantren merupakan bagian dari program penguatan dan pembinaan kader persyarikatan.

“Adanya program tahsin al-Qur’an yang dilakukan oleh Dewan Asatidz Pesantren MBS Bumiayu terhadap beberapa sekolah binaan sekaligus sekolah asal santri MBS Bumiayu akan menjadi salah satu bagian dari risalah yang diamanatkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu untuk membaca dan mengajarkan ayat-ayat suci al-Qur’an kepada umatnya agar generasi mendatang menjadi generasi robbani yang mumpuni dalam bidang ilmu Qur’an dan ilmu agama lainnya, di samping ilmu umum yang mereka kuasai,”tegas alumni Pascasarjana UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan ini.

Menurut kiai Sutriyono, sehari sebelumnya, yaitu pada hari Jum’at, 3 November 2023 juga telah dilakukan pembinaan Tahsin al-Qur’an perdana pada siswa MIM Talok yang berada di Jalan H. Mansur Dusun Talok, Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Brebes.

Pembinaan Tahsin al-Qur’an perdana pada siswa MIM Talok dipimpin langsung oleh Ustadzah Faradizka’ Lc, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan profil Pesantren MBS Bumiayu yang langsung dikomandani oleh Ustadzah Anis Hidayati, S.Pd.

Acara diakhiri dengan Ice Breaking dan pembagian doorprize untuk para siswa yang dipimpin oleh Ustadz M.Khoirunnaza Azamani, S.Pd yang dibantu dua santriwati, yaitu Santriwati Benita dan Santriwati Ghaitsa serta pemberian cinderamata dari MBS Bumiayu kepada Kepala MIM Talok.( Tarqum Aziz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini