KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Dinas Komunikasi dan Informatika(Diskominfo) Kabupaten Kendal mendapatkan sertifikat kategori “Tingkat Kesiapan Cukup Baik” dalam penilaian Indeks Keamanan Informasi (Kami) yang dilakukan oleh Badan Siber dan Sandi Negara(Bssn).

Diskominfo Kabupaten Kendal mendapatkan nilai 515 dari nilai maksimal 645. Adapun penilaian meliputi lima area keamanan informasi, yaitu tata kelola, pengelolaan risiko, kerangka kerja, pengelolaan aset, dan teknologi.

Kepala Bidang(Kabid) Statistik dan Persandian Diskominfo Kendal, Nursikin mengatakan, penilaian Indeks Kami dilaksanakan oleh Tim Bssn RI secara onsite assessment pada tanggal 11-13 Desember 2023, kemudian dari hasil asesment tersebut, pada tanggal 29 Desember 2023 Diskominfo Kendal menerima laporan hasil verifikasi dan sertifikat nomor: Sert.10893/Bssn/D3/PS.02.02/12/2023 masuk kategori Tingkat Kesiapan Cukup Baik dalam penilaian Indeks Keamanan Informasi.

“Adapun rinciannya, untuk kematangan tata kelola mendapatkan nilai 122 dengan level kematangan terdefinisi dan konsisten, pengelolaan risiko mendapatkan nilai 35 dengan level kematangan penerapan kerangka kerja dasar, kerangka kerja mendapatkan nilai 117 dengan level kematangan penerapan kerangka kerja dasar, pengelolaan aset mendapat nilai 153 dengan level kematangan terdefinisi dan konsisten, dan untuk teknologi mendapatkan nilai 88 dengan level kematangan penerapan kerangka kerja dasar,”papar Nursikin.

Kepala Diskominfo Kabupaten Kendal, Ardhi Prasetiyo mengatakan, bahwa penilaian Indeks Kami yang dilakukan oleh Bssn ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman dan penguasaan sumber daya akan pentingnya manajemen keamanan informasi dalam menjaga kelancaran dan keberlangsungan layanan publik serta memetakan profil risiko keamanan informasi secara umum.

Ardhi menyampaikan, selain mengikuti Penilaian Indeks Kami, Diskominfo Kendal juga menjadi lokus penilaian Cyber Security Maturity (CSM) dan evaluasi pengamanan informasi, yang bertujuan mengukur kematangan keamanan cyber organisasi, dengan harapan organisasi dapat melakukan peningkatan pengelolaan keamanan cyber organisasi, serta memastikan pengelolaan tersebut berjalan maksimal dan berfungsi secara menyeluruh.

Sementara itu, Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono mengatakan, penilaian yang dilaksanakan oleh Bssn tersebut untuk bisa lebih memacu para perangkat daerah yang dikoordinir oleh Diskominfo Kabupaten Kendal agar lebih meningkatkan penerapan keamanan informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal.

Sekda Kendal mengungkapan, bahwa Indeks Kami pada Diskominfo Kabupaten Kendal di tahun 2023 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat tahun 2022 hanya mendapatkan nilai 359 yang masuk pada kategori Pemenuhan Kerangka Kerja Dasar.

“Penilaian Indeks Kami tahun 2023 lebih baik jika dibandingkan tahun 2022, karena mengalami peningkatan nilai yang cukup tinggi, yaitu 156,” kata Sekda.

Sekda berkomitmen, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kominfo setiap tahunnya akan terus berupaya meningkatkan nilai Indeks Kami dan CSM dan evaluasi pelaksanaan keamanan informasi, sehingga untuk penerapan manajemen keamanan informasi di Kabupaten Kendal bisa lebih baik lagi.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini