Bupati Demak,dr. Hj. Eisti'anah sedang memukul bedug.(Foto:TM/Vid)

DEMAK(TERASMEDIA.ID)-Pemerintah Kabupaten Demak menggelar Festival Megengan tahun 2024 yang dirangkai dengan Kirab Budaya di halaman Masjid Agung Demak, Senin (11/03/2024).

Acara ini, didahului dengan pemukulan bedug oleh Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah disusul Sekda Demak, Akhmad Sugiharto, sebagai tanda umat muslim yang ada di Kabupaten Demak siap untuk menjalankan ibadah suci Ramadan.

Dalam sambutannya, Bupati Demak,dr. Hj. Eisti’anah mengucapkan rasa syukurnya, karena masyarakat dapat kembali menyaksikan acara Megengan dengan sajian berbagai kesenian daerah, flashmoob, kirab dan juga makanan-makanan khas Demak yang ada di lokasi acara.

“Alhamdulilah, di tahun 2024 ini, kita dapat kembali menyaksikan tradisi Megengan. Di mana Megengan tidak hanya sekedar tradisi, tapi juga syarat akan makna, nilai budaya, dan sebagai persiapan kita akan memasuki bulan Ramadan,” kata Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah.

Bupati Demak,dr. Hj. Eisti’anah menyaksikan Sekda Demak Akhmad Sugiharto memukul bedug.

Bupati juga sangat mengapresiasi setiap pertunjukan yang dihadirkan di atas karpet merah di depan panggung kehormatan, terutama pada penari-penari kecil dengan pakaian adat yang tampil flashmoob bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Demak dan Sanggar Padmabaswara.

Bupati mengimbau kepada masyarakat Demak yang menyaksikan Megengan untuk menjaga kebersihan dan juga menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa kepada masyarakat Demak.

“Mari kita sambut bulan suci Ramadan ini dengan hati yang bersih dan niat tulus untuk meningkatkan ibadah, serta sedekah kepada sesama. Makmurkan masjid dan mushala dengan beragam syiar keagamaan,” ajaknya.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini