Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam sedang memberikan tauziah di hadapan para napi.(Foto:TM/Humas)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)– Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam hadir di tengah para tahanan yang saat ini sedang menjalani proses hukum di Mapolres Sragen untuk berbuka puasa bulan Ramadan bersama, Rabu(20/03/2024).

Dengan didampingi para pejabat utama Polres Sragen, Kapolres memberikan tauziahnya selama 30 menit menjelang buka puasa di hadapan 33 orang tahanan.

Buka puasa ini diawali dengan menu takjil, minuman manis kolak serta camilan, sebelum menikmati hidangan makan bersama Kapolres dan para pejabat utama dan 30 personel anggota Polres Sragen.

Para tahanan nampak sumringah menikmati hidangan takjil serta acara yang digelar secara santai oleh Kapolres.

Salah satu tahanan bernama Budi, menyampaikan suka citanya dengan kegiatan buka puasa bersama Kapolres ini.

Menurutnya, buka bersama ini mengingatkan suasana di rumah saat bulan Ramadan dan lebaran tahun sebelumnya.

“Ini seperti lebaran, seperti saat di rumah. Saya sudah 24 hari di dalam rumah tahanan ini, saya senang sekali bercampur sedih, “ katanya.

Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam mengatakan bahwa kegiatan buka puasa bersama dengan para tahanan Polres Sragen ini untuk pertama kalinya dilakukan di bulan puasa Ramadan 1445 Hijriah tahun 2024.

Namun, bahwa sebelum Ramadan, tauziah di tengah para tahanan sudah rutin digelarnya, minimal satu minggu sekali, sekaligus melaksanakan salat Jumat bersama.

Dengan kegiatan ini, Kapolres berharap para tahanan atau warga yang sedang menjalani proses hukum ini, bisa merubah mereka menjadi lebih baik, baik sifat, perbuatan, maupun akhlak. Dan setelah selesai masa tahanannya, selesai proses hukumnya dapat kembali diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Kebetulan ini bulan Ramadan, kita laksanakan buka bersama agar kita ada interaksi, ada komunikasi, kita berikan tauziah memberikan wejangan kepada para tahanan yang saat ini sedang menjalani proses hukum di Mapolres Sragen dengan hal yang positif,”ungkap Kapolres.

Kapolres berharap, mudah-mudahan dengan ujian yang dilalui ini bisa merubah mereka menjadi lebih baik, baik sifat, perbuatan, maupun akhlak.

“Kami hadir sekaligus memberikan motivasi, memberikan semangat, meberikan dukungan mental spiritual selama Ramadan bisa merubah diri bermunasabah memperbaiki diri, kelak nanti akan diterima baik oleh masyarakat,”ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, kegiatan ini sudah menjadi jadwal rutin, dan saat ini ia menyempatkan waktu berbuka puasa Ramadan bersama, yang sebelumnya sebenarnya sudah dilaksanakan oleh Kasat Tahti dan Humas, dengan pola pembinaan baik mental maupun spiritual para tahanan.(Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini