salah seorang petugas kesehatan sedang menyuntikan vaksin di lengan ibu peserta vaksinasi.(FOTO:MGN-11)

BLORA(TERASMEDIA.ID)-Pemerintah Kabupaten Blora hingga kini masih terus melakukan percepatan vaksinasi Covid -19 dosis tiga atau booster, karena capaian vaksinasi tersebut masih sangat rendah.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P3K) Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Joko Budi Heri Santoso mengatakan, capaian vaksinasi booster saat ini baru mencapai 19 persen, dari target 30 persen.

“Kegiatan hari ini merupakan percepatan vaksinasi untuk dosis ketiga atau booster. Sehingga bagaimana masyarakat mendapat kekebalan khususnya untuk vaksin booster ini,” kata Joko Budi, Selasa (12/07/2022).

Joko Budi mengungkapkan, rendahnya capaian vaksinasi booster disebabkan berbagai faktor, diantaranya rendahnya minat warga untuk mendapatkan vaksin booster.

“Beberapa faktor yang pertama karena masyarakat itu sudah merasa cukup dengan vaksin primer, satu dan dua itu sudah maksimal. Yang kedua ada pelonggaran penggunaan masker di tempat-tempat terbuka dan ketiga juga karena angka-angka kasus Covid-19 yang mulai sudah menurun. Padahal vaksin booster ini juga penting,” paparnya.

Berbagai upaya akan terus dilakukan untuk menggenjot cakupan vaksinasi booster ini. Salah satunya dengan menggandeng berbagai pihak.

“Upaya kami akan terus menggandeng berbagai lintas sektoral, termasuk TNI- Polri dan pihak ketiga. Kalau kami punya jaringan di Puskesmas kami manfaatkan karena mereka yang tahu persis kondisinya,” ungkapnya.(MGN-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini