Bupati Kendal Dico M Ganinduto di depan Paringgitan saat dimintai keterangan oleh sejumlah wartawan.(FOTO:TM/ Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)- Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Kendal bakal melaunching Mall Pelayanan Publik di lantai satu Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jalan Raya Soekarno- Hatta No 191 Kendal.

Launching ini merupakan salah satu program unggulan 100 hari kepemimpinan Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

“Pembongkaran ruangan sudah selesai. Sekarang persiapanya meliputi penyiapan aspek fisik, renovasi interior, dan proses produksi panel interior,”kata Kepala DPMPTSP Kabupaten Kendal, Anang Widiasmoro, di kantornya, Rabu(28/04/2021).

Selain itu, kata Anang, hingga detik ini peralatan yang baru terpasang adalah untuk ruang laktasi, ruang pengaduan, dan lobi depan meskipun belum finishing.

Kemudian sisi administratif, terkait dengan penempatan tenan atau instansi yang bakal bergabung di Mall Pelayanan Publik ini, baik itu dari swasta, kemudian dari instansi vertikal maupun OPD teknis di Kabupaten Kendal juga sudah dipersiapkan.

“Dan sekarang ini proses MoU atau proses perjanjian kerjasama, ditambah proses keputusan bupati yang sudah berjalan di bagian hukum dan bagian tata pemerintahan(Tapem),”ujar Anang.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Kendal, Anang Widiasmoro, saat berada di ruang kerjanya.(FOTO:TM/Likwi)

Rencananya, lanjut Anang, pada awal bulan Mei 2021 hal- hal tersebut diatas sudah rampung semua, yang kemudian akan dilakukan uji coba launching. Yang artinya tenan- tenan yang bergabung di Mall Pelayanan Publik ini, bisa mulai melaksanakan pelayanan.

“Launching direncanakan, kalau tidak tanggal 2 Juni 2021 atau 4 Juni 2021. Karena kami menyesuaikan jadwal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(PANRB) Republik Indonesia yang rencananya memang akan meresmikan di sini,”papar Anang.

Anang mengaku, Kementerian PANRB kebetulan tanggal 3 Juni 2021 meresmikan Mall Pelayanan Publik di Blora, akhirnya Kabupaten Kendal menyesuaikan kalau tidak tanggal 2 Juni atau tanggal 4 Juni.

“Harapan kami, Launching Mall Pelayanan Publik ini jadi “Gongnya” di masa 100 hari kepemimpinan Bupati Kendal Dico M Ganinduto,” harap Anang.

Dikatakan, setelah persiapan fisik dan administrasi selesai, kemudian dilanjutkan dengan pengadaan barang jasa lewat penunjukan langsung. Karena tentunya, harus memakai pihak ketiga atau event organizer dan sekarang ini sudah mulai berjalan.

“Kami sudah mulai pembahasan terkait lay out kemudian sarana pendukung misalnya tenda dan lain sebagainya dan sudah selesai dilakukan.

“Nanti ada 26 tenan atau instansi yang yang bakal bergabung di Mall Pelayanan Publik ini, seperti BPN, Dinas Lingkungan Hidup, Dinkes, Bakeuda, Pelayanan Pajak retribusi, KPP Pratama, Kepolisian, Samsat, BPJS, BPS, Kominfo dan lain sebagainya,”papar Anang.

Minimal satu tenan menyiapkan petugas satu orang. Atau pun jika tidak bisa menyiapkan petugas ke DPMPTST, atau sistimnya saja yang diserahkan ke DPMPTSP.

Contoh seperti, Dinas Kominfo misalnya, jika tidak bisa menyediakan orang di Kantor DPMPTSP terkait dengan sitim pengaduan dan sistim informasi untuk publik, cukup memberikan datanya saja, nanti akan diberikan ruang yang namanya “Pojok Informasi”.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang dimintai keterangan terkait adanya launching Mall Pelayanan Publik ini membenarkan apa adanya. Bahwa launching Mall Pelayanan Publik ini merupakan salah satu program unggulan 100 hari dalam masa kepemimpinanya.

“Sudah kami persiapkan. Dan nanti akan kita hadirkan menteri PANRB saat pelaksanaan launching. Sekarang masih sisa 40 hari kepemimpinan program 100 hari saya. Kira- kira sebelum habis 40 hari, Mall Pelayanan Publik ini sudah kami launching,”kata Dico.

Sekarang ini, Dico sudah mempersiapkan teknisnya, karena saat renovasi ada tambahan untuk digital platform ke dalam Mall Pelayanan Publik untuk mempermudah pihak UMKM mengakses digitalisasi marketing.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini