DEMAK(TERASMEDIA.ID)-Tembakau merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan di Kabupaten Demak yang bersifat spesifik lokalita, artinya bisa dikembangkan dengan teknologi yang sesuai dengan potensi agroekosistem wilayah.
Tanaman ini hanya dapat tumbuh dan berkembang baik di tiga wilayah meliputi Kecamatan Mranggen, Karangawen, dan Guntur.

Maka dari itu, Pemkab Demak terus berupaya mendorong peningkatan kualitas bahan baku dan pengembangan model usaha tani tembakau melalui penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) guna memfasilitasi para petani.

Hal tersebut dikatakan Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah, saat menghadiri acara Farm Field Day (FFD) dan Panen Tembakau di lahan Kelompok Tani Sido Mulyo Desa Brambang, Kecamatan Karangawen, baru- baru ini.

Bupati Eisti juga menyampaikan, masalah yang sering dihadapi oleh petani tembakau di Kabupaten Demak adalah fluktuasi harga jual tembakau dan posisi tawar petani yang rendah. Disamping itu, kondisi cuaca/ iklim yang kurang mendukung sangat berpengaruh terhadap kualitas dan produksi tembakau.

“Tahun lalu, petani tembakau di Kabupaten Demak dihadapkan pada kendala perubahan cuaca/ iklim yang luar biasa, yang menjadikan luas tanam dan produksi tembakau tahun kemarin sangat menurun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun alhamdulillah, pada tahun ini, luas tanam tembakau kembali meningkat,”ungkap bupati.

Diketahui, dari data yang diterima, luas tanam tembakau di Kabupaten Demak mencapai lebih dari 2.500 hektar, meliputi Karangawen 1977 hektar, Mranggen 215 hektar, dan Guntur 375 hektar. Harga jual pun relatif tinggi, yaitu daun tembakau rajangan kering saat ini kisaran harganya Rp 50.000- sampai dengan Rp 55.000,-.

Bupati berharap, peningkatan luas tanam tembakau di Kabupaten Demak dapat berbanding lurus dengan peningkatan produksi, hasil panen, serta peningkatan pendapatan petani tembakau semua.

“Mari terus berkomitmen mengembangkan pertanian yang berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat. Jayalah petani tembakau, jayalah pertanian Kabupaten Demak,” pintanya. (VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini