BREBES(TERASMEDIA.ID)– Dewan Asatidz Pesantren MBS Bumiayu melakukan Pembinaan Tahsin al-Qur’an siswa- siswi dua MIM dan dua SD di Wilayah Brebes Selatan, Jum’at(10/11/2023).

Mudir Pesantren MBS Bumiayu, Kiai Sutriyono, mengatakan program Tahsin al-Qur’an yang digelar oleh Pesantren MBS merupakan bagian dari program penguatan dan pembinaan kader persyarikatan.

“Adanya program Tahsin al-Qur’an yang dilakukan oleh dewan asatidz Pesantren MBS Bumiayu terhadap beberapa sekolah binaan sekaligus sekolah asal santri MBS Bumiayu akan menjadi salah bagian dari risalah yang diamanatkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu untuk membaca dan mengajarkan ayat-ayat suci al-Qur’an kepada ummatnya,” kata Kiai Sutriyono.

Hal ini dilakukan, agar generasi mendatang menjadi generasi robbani yang mumpuni dalam bidang ilmu Qur’an dan ilmu agama lainnya, di samping ilmu umum yang mereka kuasai.

Menurut Wakil Kepala SMP MBS Bumiayu, Ustadzah Yuli Mulyani, bahwa setelah sukses menggelar pembinaan Tahsin al-Qur’an di 3 binaan, yaitu MIM Langkap, MIM Talok, dan SDIT al-Ambary Bumiayu pada gelombang pertama, selanjutkan akan diteruskan untuk melakukan pembinaan Tahsin al-Qur’an di empat binaan pada gelombang dua, yaitu SDN 3 Cilibur Kecamatan Paguyangan, MIM Adisana Kecamatan Bumiayu, MIM Linggapura Kecamatan Tonjong dan SDM Bumiayu.

Pembinaan Tahsin al-Qur’an pada siswa SD Negeri 3 Cilibur Kecamatan Paguyangan pada hari Jum’at, 10 November 2023.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ustadz Mohammad Hotami, yang didampingi oleh Ustadz Is Abdurahman dan ustadz Nanda AP serta dibantu dua santriwan.

Kepala SDN 3 Cilibur, Isroil, berharap pembinaan tahsin kepada siswa akan semakin memacu semangat belajar al-Qur;an secara benar sehingga mereka akan semakin mencintai kitab suci al-Qur’an.

“Kami juga berharap kepada alumni SDN 3 Cilibur yang sekarang sedang belajar di SMP Pesantren MBS Bumiayu akan menjadi kader bangsa yang mumpuni dalam ilmu agama dan ilmu sosial lainnya,” kata Isroil.

Menurut Isroil, pembinaan Tahsin al-Qur’an pada siswa MI Muhammadiyah Adisana Kecamatan Bumiayu pada hari Kamis, 9 November 2023.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ustadz Mohammad Hotami, yang didampingi oleh Ustadzah Riza Nasyiatul Ulfah, dan ustadz Eko Priyanto, serta dibantu dua santriwati.

Pembinaan Tahsin al-Qur’an pada siswa MI Muhammadiyah Linggapura Kecamatan Tonjong pada hari Rabu, 8 November 2023.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ustadzah Nihayatul Amniyah, yang didampingi oleh Ustadz Muhammad Khoirunnaza Azamani, dan ustadz Ilham Dwi Setiawan, yang dibantu dua santriwati.

Kepala MI Muhammadiyah Linggapura, Kecamatan Tonjong Brebes, Muzayaroh, berharap program Tahsin yang digelar oleh Dewan Asatidz Pesantren MBS Bumiayu ini dapat memberikan bekal awal agar para siswa dapat membaca al-Qur’an dengan lancar dan benar ketika lulus dari MIM Linggapura.

“Kami juga berharap, semoga para siswa kami yang sekarang sedang sekolah di SMP MBS Bumiayu akan menjadi kader bangsa, kader persyarikatan dan dai umat yang siap melanjutkan syiar dakwah Islam berkemajuan lewat media persyarikatan Muhammadiyah,” kata Muzayaroh.

Pembinaan Tahsin al-Qur’an pada siswa SD Muhammadiyah Krajan Kecamatan Bumiayu pada hari Selasa, 7 November 2023.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ustadzah Wenny Nurul ‘Aini, dan Ustadz Muhammad al-Fatih, Lc dan Ustadz Nanda AP yang dibantu dua santriwati.

Seusai acara, perwakilan dari Pesantren MBS Bumiayu memberikan cinderamata kepada keempat sekolah binaan yang diterima oleh para kepala sekolah masing- masing. (Tarqum Aziz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini