Sejumlah perwakilan partai politik berada di atas panggung.(FOTO:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Kendal menggelar acara serah terima Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Jepara ke KPU Kabupaten Kendal dan penandatanganan Deklarasi Pemilu 2024 di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Jumat(13/10/2023) sore.

Acara ini, diikuti oleh seluruh perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024 khususnya yang ada di Kabupaten Kendal.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhri menyampaikan ucapan selamat dan terima kasihnya kepada KPU Kabupaten Kendal yang telah menerima acara pelaksanaan Kirab Pemilu tahun 2024 ini.

Subchan Zuhri berharap, mudah- mudahan Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Kendal bisa didukung oleh seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Kendal, sehingga pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar.


“Perjalanan Kirab Pemilu 2024 ini selama satu minggu ke depan, Semoga bisa sukses dan berjalan dengan baik dan lancar,”harapnya.

Plt Ketua KPU Kendal Rokhimudin menyampaikan bahwa Kirab Pemilu 2024 ini, merupakan kegiatan sosialisasi nasional yang diselenggarakan oleh KPU RI yang dimulai pada tanggal 14 Februari 2023 lalu dan serentak di tujuh titik.

“Kendal ini merupakan jalur tujuh. Sebelumnya diawali dari kota Jayapura, Papua. Dan selanjutnya berjalan ke KPU Kendal ini merupakan satuan kerja(satker) yang ke 34 dari 44 Satker hinga di Jakarta,”kata Rokhimudin.

Rokhimudian mengatakan, Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Kendal ini, dilaksanakan mulai tanggal 13 Oktober hingga 19 Oktober 2023, yang rangkaiannya merupakan semua kegiatan atau sosialisasi untuk menyampaikan pendidikan politik kepada masyarakat, mengenalkan peserta pemilu kepada masyarakat, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.

“Sore ini diawali dengan pawai Kirab Pemilu mengelilingi Dapil Kendal I yang diikuti oleh seluruh partai politik peserta Pemilu se- Kabupaten Kendal,”ujar Rokhimudin.

Menurut Rokhimudin, pada tanggal 14 Oktober 2023 akan dilaksanakan sosialisasi di desa pinggiran atau tepatnya di Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo Kendal.

Kemudian pada tanggal 15 Oktober 2023, akan dilakukan sosialisasi di Desa Medini Limbangan. Setelah itu, pada tanggal 16 Oktober 2023, KPU akan melakukan sosialisasi ke 20 SMA/ SMK dan MA yang ada di Kabupaten Kendal.

Sedangkan pada tanggal 17 Oktober 2023, KPU Kendal akan melakukan sosialisasi di daerah sisir pantai, tepatnya di Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari.

“Kemudian, tanggal 18 Oktober 2023, kami akan menggarap segmen masyarakat dengan melibatkan penyelenggara Pemilu. Dan pada tanggal 19 Oktober 2023 kegiatan akan dilanjutkan dengan perjalanan Kirab Pemilu ke Kabupaten Pekalongan,”terang Rokhimudin.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang melepas acara Kirab Pemilu 2024 ini mengatakan, bahwa kegiatan ini menjadi upaya bersama- sama dalam mensosialisasikan Pemilu Tahun 2024.

“Walaupun sebenarnya kita sudah sama- sama tahu bahwa seluruh masyarakat Indonesia ini sudah sadar tahun 2024 nanti merupakan pelaksanaan Pemilu, namun demikian sosialisasi ini sangat penting agar kesadaran masyarakat meningkat dalam hal menyalurkan hak pilihnya,”ungkap Dico M Ganinduto.

Dico juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Kendal yang telah melaksanakan Kirab Pemilu 2024 ini dengan baik.

“Semoga seluruh rangkaian tahapan Pemilu tahun 2024 nanti bisa berjalan baik, aman dan lancar.Jaga tali persaudaraan kita, jangan sampai ada kampanye hitam, hoaks dan sebagainya,”pintanya.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini