Anak- anak sedang menggambar.(Foto:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak (KB TK) Juang Ilmu Kaliwungu Selatan menggelar acara program Parenting Education dengan mengangkat tema “Peran Orang Tua dan Guru Membentuk Sikap dan Mental Anak”, di Ruang Cendrawasih Tirto Arum Baru(TAB) jalan Soekarno Hatta Patebon, Kendal, Minggu (12/11/2023).

Acara ini, menghadirkan seorang Psikolog sebagai narasumber yakni Dr. Agung Prasetyo, S.P.Si, M.Pd., Psi., C.H., C.H.T.

Acara dihadiri oleh Pembina Yayasan KB-TK Juang Ilmu, Alwi, S.Pd., Ketua Yayasan KB-TK Juang Ilmu, Arvian, Kepala Sekolah KB-TK Juang Ilmu, Rahma Yanti, S.Pd beserta para guru, ketua beserta anggota Komite KB-TK Juang Ilmu, dan diikuti oleh seluruh murid dan wali murid KB-TK Juang Ilmu Kaliwungu Selatan.

Pembina Yayasan KB-TK Juang Ilmu, Alwi menyampaikan, terima kasih kepada para wali murid yang hadir untuk membahas bersama – sama tentang tumbuh kembang anak.

“Dengan terselenggaranya Forum Parenting ini diharapkan akan muncul kesamaan dari pihak sekolah dan orang tua terkait pola asuh tumbuh kembang anak, sehingga anak-anak nantinya bisa menjadi generasi emas yang akan bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia,” kata Alwi.

Dr. Agung Prasetyo menyampaikan materi tentang “Orangtua Harus Berani Agar Anak Mandiri”.
Dr. Agung Prasetya menjelaskan, bahwa orang tua itu harus berani dalam mendisiplinkan anak sebagai wujud perhatian dan rasa sayangnya terhadap anak didik tercinta.

Dr. Agung juga menerangkan, bahwa suami, istri, nenek dan semua orang di lingkungan keluarga harus memiliki satu visi dalam mendidik anak, dan banyak berkomunikasi tentang kondisi anak terutama di usia 5 tahun pertama, karena akan menentukan karakter anak.

Menurut Dr. Agung Prasetyo, langkah-langkah yang harus dilakukan oleh para orangtua, pertama adalah harus mendeteksi sejak dini apa yang menjadi kendala-kendala yang dihadapi oleh anak, karena kalau dibiarkan saja dapat berdampak terhadap tumbuh kembang anak.

“Kemudian orang tua harus lebih terbuka pemikirannya, pembiasan resiko, memberikan motivasi kepada anak, adaptasi dengan anak, lebih meningkat kedekatan emosional dengan anak, mengajari anak mengeksplor kemampuannya, dikenalkan dengan hal baru, dan kerja sama dengan sekolah,” papar Dr. Agung Prasetyo.

Ia berpesan kepada orangtua dan para guru, agar lebih memberikan perhatian penuh terhadap anak-anak, memberikan rasa nyaman, rasa aman, dan penuh dengan cinta dan kasih sayang, sehingga anak-anak bisa tumbuh kembang dengan baik.

Salah satu wali murid KB-TK Juang Ilmu, Ratna menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat, karena banyak ilmu dan wawasan yang diperoleh terkait dengan pola asuh terhadap anak.

“Saya lebih memahami tentang pentingnya peran keluarga terkait pola asuh terhadap anak, dan pastinya akan lebih bersinergi dan terbuka terhadap kondisi, sehingga jika terjadi kendala dapat diatasi bersama-sama dengan baik,”kata Ratna.

Acara ini, dilanjutkan dengan komunikasi dua arah antara narasumber dengan wali murid tentang pola asuh terhadap anak. Kemudian dilanjutkan juga dengan konsultasi kondisi dan tingkah laku anak saat di rumah.

Pada akhir acara ini, juga dilakukan asesmen melalui kegiatan outbound yang di dalamnya terdapat estafet air, mencari bola sesuai warna keranjang, memindahkan bola bersama teman-teman, dan mengecat menggunakan tangan.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini