Suasana pembukaan Gelaran Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) XVI Jawa Tengah 2023.(FOTO:TM/ Ika)

SEMARANG(TERASMEDIA.ID)– Gelaran Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) XVI Jawa Tengah 2023 resmi dibuka di GOR Jatidiri, Semarang,  Jumat (14/07/2023) malam.

Kegiatan dua tahunan ini, berlangsung hingga 23 Juli 2023 mendatang. Hadir dalam pembukaan, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.

Jika dibandingkan dengan Pornas tahun sebelumnya, di Jawa Tengah ini termasuk paling meriah karena diikuti 101 kontingen dengan total 6.000 lebih peserta terdiri dari 31 kementerian, 32 lembaga dan 38 Kontingen Provinsi.

Pada Pornas 2017 di Yogyakarta diikuti 73 kontingen 7 cabang olahraga, dan 2019 di Bangka Belitung hanya diikuti 87 kontingen sekitar 3.500 peserta bertanding untuk 9 cabang olahraga.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa sebagai tuan rumah sangat menyambut baik event Pornas 2023 ini. Dan bangga melihat antusiasme para kontingen.

“Ini Provinsinya komplit dan tiap tahun ada tambahan satu cabor yang dipertandingkan. Maka saya usul tahun depan semuanya lebih lengkap tambahin cabor lari, karena pasti akan menarik dan pesertanya sangat bisa massal barangkali sedikit dibuka meskipun ini PNS-Korpri, juga melibatkan masyarakat sehingga lebih dekat dengan masyarakat,” kata Ganjar Pranowo.

Ganjar mengaku, pihaknya akan komitmen untuk bisa memberikan yang terbaik, baik sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

“Iya tentu saja, karena kita tuan rumah, ya tradisinya tuan rumah kita kirim peserta sebanyak-banyaknya. Kalau tidak dibatasi bisa lebih banyak lagi yang ikut, tapi kita sudah sepakat untuk ada alokasi yang diberikan,” ujar Ganjar.

Ganjar berharap para peserta mampu menjadikan ajang tersebut untuk mempererat kekompakan antar ASN dan juga meraih prestasi.

“Yang penting kekompakan persatuan ASN kemudian kita mengejar prestasi,”ucap Ganjar.

Selain menyiapkan segala hal terkait pelaksanaan Pornas, politikus berambut putih itu juga siap memanjakan para tamu untuk bisa berwisata di Jawa Tengah.

“Nah, tugas kami sebagai tuan rumah melayani, maka kami tawarkan tempat destinasi wisata, kuliner, agar kawan-kawan yang hari ini berkumpul cukup banyak di Kota Semarang bisa betah terhibur dan kompetisinya bisa menyenangkan,” papar Ganjar.

Dengan adanya Pornas, Ganjar mendorong ASN untuk bisa berinovasi sebagai pelayan masyarakat.

“Jadi akan banyak inovasi-inobasi lah yang mudah-mudahan akan bisa kita kerjakan,” tegas Ganjar.

Pornas XVI Korpri Jawa Tengah 2023 ini, akan mempertandingkan 10 Cabor. Yaitu balap sepeda, bola voli, bola basket, bulu tangkis, catur, futsal, gateball, senam korpri, tenis meja, dan tenis lapangan.

Ada 54 nomor pertandingan yang memperebutkan 54 medali emas, 54 perak dan 71 perunggu.

Sementara Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas menyampaikan apresiasi yang tinggi karena termasuk penyelenggaraan Pornas teramai.

“Saya kira Jawa Tengah menjadi magnet. Karena tadi saya mampir kuliner juga penuh dari berbagai kontingen. Dan, harapan kami Pornas ini bisa mempersatukan. Bukan hanya lombanya tapi mempertemukan antar ASN,” tandasnya.(Ika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini