Para petani membawa poster bertuliskan dukungan terhadap Gama.(Foto:TM/ Hasna)

KLATEN(TERASMEDIA.ID)– Dukungan terhadap Capres-Cawapres Ganjar Pranowo- Mahfud MD(Gama), terus mengalir dari berbagai daerah.

Di Klaten, Jawa Tengah, para buruh dan petani tembakau, mengadakan aksi gerakan dukung Ganjar-Mahfud, Senin (05/02/2024).

Aksi dukungan berlangsung di Desa Wonosari, Kecamatan Trucuk, didukung oleh Relawan Ganjar, Puser Bumi.

Para petani membawa poster bertuliskan dukungan terhadap Gama, beserta harapan mereka bila Ganjar-Mahfud menjadi Presiden RI.

Selain itu, para petani tembakau juga mengajak kepada semua warga yang sudah mempunyai hak pilih, untuk tidak golput.

Humas Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Klaten, Juwandi, mengatakan, bahwa pihaknya mendukung penuh dengan aksi yang dilakukan para buruh dan petani tembakau tersebut.

Pihaknya selalu mengingat, bahwa selama masa kepemimpinan Ganjar Pranowo menjadi Gubernur Jateng, kebijakan yang diambil selalu berpihak kepada rakyat kecil dan para petani tembakau.

Terbukti, ketika petani tembakau kesulitan mendapatkan pupuk ZA, Ganjar segera turun tangan memenuhi kebutuhan pupuk tersebut.

Menurut Juwandi, di Klaten ada 12.000 petani dan buruh tembakau, dengan luas garapan sawah 3000 hektare. Setiap satu hektare, petani tembakau membutuhkan 4-6 kuintal pupuk ZA.

“Kami para petani tembakau di Klaten memilih Ganjar-Mahfud karena sudah teruji dan terbukti. Ganjar sosok pemimpin yang baik, didampingi Mahfud yang tegas sekaligus pakar hukum, tambah mantap,” kata Juwandi yang juga pengurus Relawan Puser Bumi Klaten ini.

Ditambahkan Juwandi, untuk program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) di Jawa Tengah, yang semula hanya digelontorkan saja, kini lebih tepat sasaran.

Pada tahun 2023 ini, sejumlah 6.331 buruh petani tembakau dan buruh pabrik rokok di Klaten, menerima DBH CHT sebanyak Rp 7,6 miliar. Setiap buruh menerima BLT DHB CHT Rp 1,2 juta.

Salah seorang buruh yang mengikuti aksi tersebut, Sarheni(53) mengaku senang mendukung Ganjar-Mahfud. Dirinya berharap, petani tembakau semakin sejahtera di bawah kepemimpinan Ganjar-Mahfud, sehingga dirinya bisa ikut mencari rejeki dengan lancar.

Dalam kesempatan ini, Juwandi membagikan paket sembako terhadap para buruh petani tembakau. (Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini