KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Bupati Kendal Dico M Ganinduto menghadiri acara gelar hasil- hasil pembangunan tahun 2023 yang dilaksanakan di Plataran Ruang Terbuka Hijau(RTH) Kecamatan Boja Kendal, Selasa(27/02/2024).

Hadir pada acara ini,Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Sekretaris Daerah(Sekda) Sugiono, Forkopimda, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD), para Camat, kepala desa, dan sejumlah tamu undangan lain.

Dalam sambutannya, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, di era kepemimpinannya, pembangunan di Kabupaten Kendal terbanyak dibanding dengan bupati- bupati sebelumnya.

Banyaknya bangunan yang ia bangun bukan merupakan sebuah kabanggaan, dan bahwa kuantitas itu bukan segala- galanya, yang terpenting adalah kualitas dari hasil pembangunannya.

Menurut Dico, seluruh bangunan yang ada di Pemerintahan Kabupaten Kendal, itu merupakan bangunan-bangunan yang ekonik, memiliki fungsi dan manfaat yang benar-benar sesuai dengan visi dan misi dari pada pemerintah Kabupaten Kendal, yang tidak lain untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang ada di Kabupaten Kendal.

“Sehingga upaya yang sudah kami lakukan ini, merupakan sebuah kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami khususnya, dan tentunya kami ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten Kendal yang selama ini sudah bekerja bersama-sama,”papar Dico.

Menurut Dico, pembangunan RTH di Boja ini, merupakan revitalisasi yang mana fungsi awal adalah sebagai terminal, dan karena tidak efektif, maka dialihfungsikan sebagai RTH yang tentunya fasilitas umum yang ada di Kecamatan Boja ini, sangat dibutuhkan oleh masyarakat Boja.

“Dimana Kecamatan Boja ini memiliki penduduk yang cukup besar dibandingkan dengan kecamatan lain, sehingga dengan dibangunya RTH ini, akan meberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Boja dan sekitarnya untuk memanfaatkan fasilitas ini dengan baik tanpa menghilangkan fungsi terminal,”ujar Dico.

Dico juga menyampaikan, seluruh aktifitas pembangunan di Kabupaten Kendal diawasi oleh Kejaksaan. Maka dari itu, dipastikan pembangunan yang dilakukan selama ini berjalan dengan maksimal dan tidak ada penyalahgunaan anggaran.

“Ruang terbuka hijau ini fungsinya banyak. Ada pelaku UMKM jumlahnya sekitar 100 pedagang yang dilibatkan di RTH Boja ini. Kemudian di sini juga ada RTH untuk ruang beraktifitas budaya, maupun kesenian. Selain itu, di RTH ini juga terdapat lapangan basket dan lapangan hijau dan lain lain,”ungkap Dico.

Sementara itu, Sekda Kendal Sugiono mengatakan, belanja derah tahun 2022 sebanyak Rp 2, 7 triliun dan pada tahun 2023, sebanyak Rp 2, 275 triliun.

Untuk kegiatan tahun 2023, hasil yang dicapai yakni penanganan rumah layak huni. Penanganan kawasan kumuh sejumlah 17 lokasi yang tersebar di lima kecamatan dengan luas total 134, 7 hektare.

Kondisi jalan berdasarkan kerusakan jalan semester dua tahun 2023, panjang total sebanyak 782 kilometer. Kondisi jalan 2022 mantap 89 persen dan kondisi jalan 2023 mantap 83 persen.

“Peningkatan kualitas pendidikan, dapat dilihat dari capaian kinerja pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal,”kata Sugiono.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini