Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo saat memberikan materi terkait stunting.(Foto:TM/Hasna)

SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)– Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Mitra Kerja Komisi IX DPR RI, menggelar Sosialisasi “Komunikasi Informasi dan Edukasi Percepatan Penurunan Stunting” di Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (22/01/2024).

Hadir sebagai narasumber dari BKKBN Jateng yaitu Nasri Yatiningsih, anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo, dan dari Dinas DP3AKB Sukoharjo, Yudianta.

Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo mengatakan, dalam mencegah stunting, berbagai cara perlu dilakukan bersama-sama. Baik oleh pemerintah yang bersinergi langsung dengan peran serta masyarakat.

Di antaranya, mengedukasi kesadaran masyarakat, akan arti pentingnya pencegahan stunting. Juga edukasi informasi kesehatan reproduksi bagi para remaja.

Rahmad Handoyo juga menyampaikan, akses pelayanan kesehatan juga perlu diperluas sampai menjangkau wilayah terpencil. Serta penyediaan fasilitas kesehatan yang ramah bagi perempuan.

“Perempuan dan anak menjadi prioritas utama layanan kesehatan, karena sebagai ujung tombak penanganan stunting,” kata Rahmad Handoyo, politisi dari Dapil V Jateng yakni Sukoharjo, Solo, Boyolali, dan Klaten ini.

Pembicara dari BKKBN Jateng, Nasri Yatiningsih menambahkan, di tengah masyarakat harus ada konseling keluarga, untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya sebuah perencanaan.

“Dalam keluarga, butuh perencanaan yang matang, agar semua terkonsep dengan baik. Karena hidup berencana itu keren. Berencana kapan harus menikah, kapan hamil, melahirkan, kapan punya anak lagi, semua harus terencana,” ucap Nasri.

Narasumber dari Dinas P3AKB Sukoharjo, Yudianta menambahkan bahwa pemerintah sudah berupaya maksimal untuk mengendalikan penduduk dengan program keluarga berencana, menyediakan alat kontrasepsi murah dan lain-lain.

“Untuk membuat tenang hati orangtua, sebaiknya segera ikuti program KB setelah melahirkan, untuk menjaga jarak kehamilan. Dengan ibu dan bayi sehat, program penurunan stunting bisa cepat terwujud,” ungkap Yudianta.

Dalam kesempatan tersebut, panitia juga membagikan doorprize menarik, yaitu setrika, jam dinding, kompor gas, sepeda gunung, dan lain-lain.(Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini